WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Mengobati Panas Dalam Alami

Panas dalam merupakan keluhan yang sering hinggap pada setiap orang, terutama bayi. Penyebab utamanya bisa karena terlalu banyak makanan berlemak, cuaca buruk, kurang vitamin C, dehidrasi, dan lain sebagainya. Panas dalam pun menunjukkan gejala umum yang sangat mengganggu, seperti sariawan bibir pecah dan sakit tenggorokan. Berikut cara mengobatinya dengan bahan alami yang bisa anda lakukan :

1. Rambut Jagung  Muda
Cara mengobati panas dalam menggunakan rambut jagung ini mungkin tak pernah  terfikirkan oleh anda, karena biasanya rambut jagung hanya akan berakhir sebagai limbah  rumah tangga. Rambut jagung muda mengandung zat tanin dan flavonoid yang berperan dalam penyembuhan panas dalam. Cara mengolahnya menjadi obat tradisional yakni merebus rambut jagung muda sampai mendidih, anda bisa menambahkan jagung atau jahe ke dalamnya. Angkat lalu dinginkan, minum secara teratur  setiap hari hingga panas dalam sembuh.

2. Air Kelapa Hijau
Berbagai komponen dalam air kelapa hijau muda memang dikenal sebagai obat, misalnya saja sebagai penawar racun dan pengobatan dehidrasi. Sementara itu, untuk panas dalam sendiri bisa disebabkan oleh dehidrasi, dan isotonik ini dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Cara mengobati panas dalam bisa dilakukan dengan memberikan air ini sebagai pengganti air putih selama beberapa waktu hingga panas dalam mereda.

3. Telur Ayam Kampung
Tak jauh berbeda dengan dua bahan alami di atas, telur ayam kampung juga punya kemampuan menyembuhkan panas dalam. Telur ayam kampung dulunya memang dikenal untuk meningkatkan stamina terutama untuk pria, dan campuran jamu. Ini karena secara umum, kandungan gizi dalam telur ayam kampung memang lebih tinggi dibanding ayam negeri.

Setelah diteliti lebih lanjut, telur ayam ini juga bisa membantu menyembuhkan panas dalam. Caranya, campurkan  kuning telur ayam dengan air sari kunyit dan sedikit madu. Minum secara rutin sampai keluhan teratasi.

4. Kacang Hijau
Hasil pertanian yang populer dan banyak diolah menjadi berbagai olahan makanan ini memang terkenal dengan nutrisinya yang kaya. Selain dimanfaatkan sebagai salah satu  cara mengobati panas dalam, penyakit yang bisa ditangani  dengan rutin mengonsumsi kacang hijau misalnya radang ginjal, beri-beri, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.

Sebagai obat panas dalam, anda pun bisa menikmatinya dalam bentuk olahan nikmat. Anda hanya perlu merebus kacang hijau yang telah dibersihkan sebelumnya, dengan tumbukan kasar jahe dan gula batu secukupnya saja. Bubur ini bisa dikonsumsi rutin  tiap pagi  dan sore hari.

5. Madu dan Jeruk Nipis
Madu merupakan bahan obat alami untuk berbagai jenis penyakit dan kecantikan, karena memang minuman ini memiliki kandungan vitamin, mineral, dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi inilah yang menjadikan madu bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati panas dalam. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, campurkan juga perasan jeruk nipis untuk diminum.

Jeruk nipis sendiri bervitamin C tinggi dan sangat baik untuk mempercepat penyembuhan panas dalam.

6. Cincau
Bahan makanan yang biasanya dicampurkan dalam es buah ini memang bisa diandalkan untuk menangani masalah panas dalam, untuk orang dewasa dan aman juga untuk anak-anak. Bahan yang kaya air serta serat ini sebagai obat panas dalam bisa diolah menjadi minuman nikmat yang menyegarkan, misalnya dengan membuat sendiri minuman cincau yang dicampur berbagai buah segar lain layaknya es buah, namun jangan dicampur santan karena santan bersifat panas.

7. Daun alang-alang
Daun alang-alang memang telah dikenal masyarakat sebagai cara mengobati panas dalam, bahkan banyak obat panas dalam di pasaran yang menyertakan alang-alang sebagai bahan pembuatnya.

Tumbuhan yang biasa tumbuh liar di lahan kosong ini diolah dengan cara direbus dengan air, kemudian tambahkan gula batu secukupnya. Setelah dingin minum 2 kali sehari sampai sembuh.